Social Icons

Pages

Kamis, 07 Januari 2010

taubat

Taubat



            Syekh Abdul Qodir Jaelani dalam Fathu Rabbani, beliau memberikan fatwa:

           “Wahai manusia!, capailah dan peliharalah pintu hidup ini selagi masih terbuka, mungkin dalam waktu dekat pintu ini akan segera ditutup kembali, yakni dengan tercabutnya rohmudari kerongkangan. Perihalalah tingkah lakumu yang baik, mumpung kamu masih bisa mampu melakukannya. Masukilah pintu taubat mumpung masih terbuka bagimu. Jauhlah pintu-pintu dosa, karena pintu-pintu dosa itu senantiasa terbuka lebar untukmu.

          Wahai hamba Allah, bangunlah dirimu dari segalasesuatu yang menggoncangkanmu, sucikanlah dirimu darisesuatu yang mengotorimu perbaikilah dirimu dari yang sesuatumerusakmu, jernihkanlah dirimu dari keruh kotormu, kendalikan dirimu dari kesenangam yang kamu ambil, kembalilah kepada Tuhanmu yang kamu jadikan tempatkembali”.


          Allah Swt.telah berfirman dalam Al-Qur’an (S.Tahrim:8):

          “Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhanmu menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukanmu kamu ke dalam surga yang sungai-sungai mengalir di bawahnya, padi hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang beriman yang bersama dengannya;sedangkan cahaya mereka memancar dihadapan dan di sebelah  kanan mereka: “Ya Tuhan kami sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilh kami; sungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”.  


          Dalam kitab Hidayatul Adzkiya dikatakan:

“Maka taubat itu merupakan  kunci dari segala ibadah dan dasar  yang mencakup semua setiap kebaikan”.
(al-faqiroini,sikembar)

Tidak ada komentar: